Sabtu, 16 Juli 2022

Freight Forwarding

 Peran dan fungsi seorang freight forwarder telah berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Secara tradisional, pengirim barang hanyalah penghubung antara pemilik barang dan pengangkut. Pekerjaan utamanya adalah membantu pemilik barang untuk mengangkut barang ke tempat tujuan. Dalam beberapa tahun terakhir, kata 'membantu' telah diganti dengan 'usaha'.

Cargo Jakarta

Pengangkut barang modern 'berusaha' untuk mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain. Usaha mencakup semua proses yang terlibat dalam transit barang seperti mengatur sarana transportasi, mengatur semua jenis dokumentasi yang diperlukan untuk barang dari asal ke tujuan.


Bisnis transportasi barang semakin berkembang di seluruh dunia dengan meningkatnya volume perdagangan internasional.


Para ahli memperkirakan kenaikan 10 persen atau lebih dalam pertumbuhan pendapatan tahunan. Tetapi setiap industri mengalami pasang surut karena pola permintaan yang berubah dan basis pelanggan yang berkembang. Tantangan terbesar yang membayangi adalah 'tetap bertahan' dengan menawarkan harga yang kompetitif kepada pelanggan baru dari negara berkembang. Hubungan dengan pengirim juga mengalami perubahan fenomenal dan biaya switching tidak lagi relevan. Untuk mengatasi tantangan ini dan memastikan kelangsungan hidup yang lama, kebutuhan profesional untuk memahami dinamika industri dan mengadopsi strategi yang sesuai.


Ukuran memang penting, bahkan di industri ini. Pengangkut barang besar dapat memperoleh tarif yang lebih baik dari operator karena mereka memiliki kapasitas untuk memesan di muka. Mereka dianggap mendapatkan perlakuan istimewa dari pengangkut. Biaya tetap berkurang karena bertambahnya ukuran. Yang terbaik adalah mengembangkan bisnis dengan berfokus pada suatu wilayah dan industri tertentu. Dengan cara ini Anda mendapatkan keahlian untuk wilayah atau industri tertentu yang pada akhirnya menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi. Dengan cara ini mereka mengalahkan saingan mereka yang melayani semua wilayah secara setara dan mendapatkan keuntungan dalam memperoleh bisnis baru.


Itu selalu bijaksana untuk menggabungkan 'Freight Forwarding' dengan 'Custom Clearance' dalam satu paket untuk pelanggan. Pengirim lebih tertarik pada perusahaan yang menawarkan keduanya. Statistik mengungkapkan bahwa pelanggan memiliki hubungan yang lebih lama dengan penyedia yang menggabungkan kedua layanan ini. Ini juga membuka jalan untuk peluang bisnis baru.


Terakhir, sangat penting untuk mengembangkan pendekatan berorientasi pelanggan dan penjualan. Untuk setiap industri jasa, ini adalah kunci untuk memenangkan dan memperluas hubungan bisnis. Dua atribut layanan pelanggan yang diminta oleh pengirim dari pengirim barang mereka adalah satu titik kontak sehingga mereka dapat berhubungan kapan pun mereka perlu dan kecepatan dalam menyelesaikan masalah.


Tantangan pasar utama yang dihadapi oleh perusahaan ekspedisi tampaknya menakutkan. Untuk menjadi yang terbaik di kelasnya, penting bagi penyedia layanan logistik ini untuk mulai berpikir dan tampil di luar kebiasaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar